Laravel Tutorial: Mengenal Route Pada Laravel

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial mengenal route pada laravel. Salah satu keunggulan framework PHP adalah kerapian pada manajemen file. Hal ini sangat saya rasakan karena pada saat saya dahulu belajar pemrograman pada awalnya masih versi native yang plain. Pun jika ada framework, lebih pada kesepakatan yang dibuat dalam satu tim saja, atau standar yang ditetapkan oleh kita sendiri. Dengan penerapan konsep MVC ( Model-View-Controller) pada framework PHP, maka akan memberikan kemudahan bagi developer karena mempunyai standarisasi manajemen file. Begitu juga dengan framework Laravel yang juga sudah mengacu pada konsep MVC. Salah satu standar pada MVC adalah mempunyai pengaturan pada route, di mana route ini berfungsi sebagai end point yang akan dihit. Salah satu contohnya adalah pada alamat url yang kita ketik di browser, itulah route yang akan dituju. Pada Laravel, kita akan mendapati setting route kita pada folder yang bernama routes. Di dalam folder tersebut kita akan mendapati empat buah file route yang berbeda (saya menggunakan versi 5.4), sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Mengenal Route Pada Laravel Keempat route tersebut antara lain:
  1. api.php File ini digunakan untuk membuat route pada service API
  2. channels.php File ini digunakan untuk membuat routing yang bersifat broadcasting event, misalnya untuk penggunaan notification
  3. console.php Digunakan untuk membuat routing di terminal
  4. web.php File ini digunakan untuk membuat routing web biasa yang diakses di browser.
Ok, sampai disini pengenalan kita tentang route pada laravel. Di tutorial selanjutnya kita akan bahas mengenai cara penggunaan route.

Comments

Popular posts from this blog

Visual Studio Code, Text Editor Pilihan Saya

Live Server, Ekstensi Visual Studio Code untuk Front End Developer

Laravel Tutorial: Install Framework Laravel